Berbicara mengenai musik math rock dari negeri Sakura, Jepang memang tidak akan pernah ada habisnya. Mulai dari yang sangat ekspresif seperti Toe sampai kepada yang banyak dipengaruhi oleh unsur pop, seperti Uchu Conbini dan the Cabs. Nyatanya, ada lanskap menarik lainnya yang bisa dijelajahi dari math rock Jepang. Perkenalkan Oohashi, sebuah unit yang mengambil pendekatan sedikit atmosferik dengan permainan nada yang tak kalah apik dengan band-band math rock lainnya yang lebih tradisionalis.

Oohashi menunjukkan bahwa perkawinan antara math rock dan post rock bukanlah suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Jika boleh dikatakan, “Theta” adalah sebuah lagu yang sangat menggugah, rasanya seperti mengalami deja vu yang sudah bisa kita perkirakan sebelumnya. Konten lagu ini penuh dengan teka-teki, namun sama sekali tidak menguras tenaga kita untuk menerka apa yang akan mereka lakukan selanjutnya dan ketika hal yang kita harapkan itu muncul, ada rasa lega yang menghinggapi meski kemudian rasa lega itu hanya bertahan sementara dan kemudian berganti menjadi rasa penasaran yang semakin menjadi-jadi.

Meskipun nama Oohashi jarang sekali dibicarakan dan seperti terdengar sebagai pendatang baru di skena math rock Jepang, ternyata band ini sudah aktif sejak tahun 2014 lalu. Total sudah ada tiga rilisan yang mereka keluarkan dan semuanya dapat kalian dapatkan secara gratis melalui halaman Bandcamp mereka. Yang lebih penting, melalui lagu baru ini, Oohashi juga seakan mengatakan bahwa mereka bukan hanya band yang menjadi rip-off dari band math rock atmosferik kelas berat lainnya dari Jepang, seperti Paranoid Void. Ada warna yang berbeda dari musik yang mereka mainkan dan mereka patut bangga dengan kombinasi pola-pola aritmatik dan lolongan vokal yang bisa membuat Jonas Bjerre dari Mew tersenyum lebar.

Kalian bisa mendengarkan lagu terbaru dari Oohashi berjudul “Theta” melalui pemutar di bawah ini dan kalian juga bisa download mp3 lagu ini secara gratis dan legal melalui halaman Bandcamp resmi Oohashi.

Baca juga topik menarik mengenai Lagu Rock dan Lagu Jepang lainnya dari Backstage Whisp.

About The Author

Martin K.Y

I’d love to talk mostly about music and pro wrestling, sometimes about anime and basketball, come talk.

Share
Tweet
+1