Seharusnya tidak ada sesuatu yang mengejutkan dari lagu ini. Sejak tur Jawa beberapa waktu yang lalu, saya sudah cukup yakin bahwa band asal Samarinda ini memiliki potensi dan kapabilitas dalam menulis lagu math rock yang mengesankan. Ternyata saya salah, satu kali lagi mereka memberikan saya kejutan dan membuat saya yakin bahwa prasangka bukanlah hal yang patut disematkan kepada trio ini. Dengarkan saja lagu terbaru mereka “Sports Between Trenches” yang akan memberikanmu pengalaman 4 menit penuh yang hampir tak terlupakan.

Dilepas bersamaan dengan paket video, lagu ini merupakan lanjutan dari EP perdana mereka yang berjudul Naftalena (2016). Yang spesial dari lagu ini adalah kekayaan nada yang mereka tawarkan yang semuanya ditunjang oleh tingkat presisi yang sangatlah akurat. Untuk kalian yang menyukai gaya musik murni instrumental, kalian akan mendapati Murphy Radio sebagai band yang akan yang sangatlah layak untuk disebut sebagai standar baru musik instrumental murni paling tidak untuk musik alternatif Indonesia. Mereka sama sekali tak tertarik untuk terjebak dalam pola pakem yang biasanya hanya diulang-ulang secara terus menerus, malahan mereka sangat berani untuk selalu berimprovisasi dengan sequence yang cukup mengagetkan dari satu titik ke titik yang lainnya, tentunya dalam artian yang baik.

Yang kurang ajar, empat menit yang seharusnya terdengar cukup panjang menjadi terdengar sangatlah singkat ketika kita masuk dalam ruangan yang dibangun oleh lagu ini. Murphy Radio terdengar sangat menikmati aransemen yang mereka ciptakan, tanpa vokal pun kita bisa merasakan daya cipta yang memancarkan emosi, seolah-olah bahwa trio ini memeras habis perasaan yang mereka miliki untuk dituangkan di lagu ini. Tak ayal, lagu instrumental murni ini terdengar begitu emosional dan mengalir dengan narasi yang seolah dibangun di atas sound yang cukup loose, yang semuanya bermuara kepada konteks dari lagu ini bahwa lagu ini adalah lagu yang tak akan membuat dirimu terengah-engah meskipun pada saat yang bersamaan bisa memberimu dorongan semangat di balutan nada-nada cerah penuh optimisme.

Akhir kata, puas adalah kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan setelah mendengarkan lagu ini. Apapun konteks yang kalian tangkap, lagu ini adalah lagu yang cocok untuk menjadi poster boy dari musik math rock Indonesia.

Dengarkan lagu “Sports Between Trench” dari Murphy Radio di bawah ini.

Baca juga topik menarik lainnya mengenai Lagu Rock dan Lagu Indonesia dari Backstage Whisp.

Share
Tweet
+1