Lazy Middle Class merupakan nama baru asal Bandung yang ikut meramaikan skena ska di Indonesia. Meski bernuansa ‘baru’, sebenarnya band yang satu ini diisi oleh nama-nama lama yang sudah cukup familiar di telinga para penikmat musik melodic punk di Indonesia. Dibentuk oleh para mantan personel band-band seperti Nudist Island, Sandal Jepit, Dirty Dolls, dan juga Noin Bullet, Lazy Middle Class membawa sentimen musik ska 90an yang sangat populer di Indonesia dengan nama-nama seperti Tipe-X dan Shaggydog berdiri di garis terdepan.

Berkebalikan dari namanya, Lazy Middle Class justru memainkan musik yang enerjik dengan energi menular yang menunggu untuk menggetarkanmu. Ada semacam tendensi dari mereka untuk menulis sebuah lagu yang memiliki maksud untuk memanjakan dan memuaskan kerumunan dalam jumlah yang besar. Paling tidak, keinginan mereka untuk menciptakan lautan koor masal itu bisa didengar dengan sangat jelas di lagu berjudul “Selalu Ada” ini. Di lagu ini kamu bisa banyak menemukan bagian-bagian yang menyenangkan untuk dinyanyikan secara bersamaan, menjadikan sebuah mars yang antemik lagi kece.

Instrumentisasi yang penuh dengan suasana positif yang menggembirakan itu berhasil menjadi medium yang ampuh dalam mengantarkan pesan utama dari lagu “Selalu Ada”. Diinfus oleh pengaruh pop punk yang lumayan dominan sejak lagu ini mulai dimainkan, Lazy Middle Class menyerukan mengenai pentingnya untuk mengambil hikmah dari setiap kejadian, tampak dari hook utama di lagu ini yang berfokus pada tema lirik “Selalu ada hal baiknya/ Dari sesuatu yang buruk”. Kombinasi dari dua hal yang saling berelevansi ini menjadikan pesan dari lagu “Selalu Ada” menjadi lebih efektif dan saya cukup percaya jika lagu ini memiliki potensi untuk menjadi besar.

Sudah begitu lama musik ska di Indonesia seperti menunggu revitalisasi untuk dibangkitkan kembali untuk mencapai tingkat popularitas seperti di dekade 90an. Lazy Middle Class tak hanya memiliki kemampuan teknikal, mereka juga memiliki sense of emotion yang terkadang bisa lebih penting daripada kemampuan teknikal itu sendiri. Akan menarik untuk melihat arah perkembangan dari band yang dibentuk oleh dedengkot musik kota Bandung ini.

Kamu bisa mendengarkan lagu “Selalu Ada” dari Lazy Middle Class secara gratis di bawah ini atau melalui laman Soundcloud mereka.

Baca juga topik menarik lainnya mengenai Lagu Ska, Lagu Indonesia, dan Lagu Terbaru dari Backstage Whisp.

Share
Tweet
+1