Komposer asal kota Yogyakarta, Gardika Gigih Pradipta selama ini dikenal sebagai salah satu musisi Soundcloud yang menjanjikan, dengan jumlah play yang mencapai ribuan bahkan puluhan ribu setiap kali mengunggah lagu. Tak hanya itu, Gardika Gigih juga turut serta dalam beberapa kolaborasi, termasuk di antaranya kolaborasi dengan duo folk asal kota Bandung, Banda Neira dalam album mereka yang terakhir, Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti. Komposer berbakat yang memiliki pengaruh chamber dan instrumental dalam karya musiknya ini akan merilis debut albumnya berjudul Nyala yang akan dirilis melalui Sorge Records.

Lagu terbaru berjudul “Kereta Senja” merupakan single pertama yang dipersiapkan dari album berjudul Nyala. Lagu ini didominasi oleh permainan piano dengan crescendo yang konstan dan teratur, sebelum akhirnya mengubah tempo kembali untuk mempersiapkan bagian lain seperti vokal untuk masuk. Tak hanya didominasi oleh instrumen piano, Gardika Gigih juga menyematkan instrumen lain dalam bentuk instrumen gesek yang cukup sukses dalam memberikan efek dramatis kepada komposisi yang digubah oleh Gardika Gigih. Secara garis besar, lagu “Kereta Senja” ini mempunyai struktur yang menarik, dengan permainan dinamika yang terjadi di beberapa titik dan terdengar dibangun dengan tujuan untuk mencapai klimaks.

Melalui lagu “Kereta Senja”, Gardika Gigih Pradipta semakin menunjukan bahwa dirinya adalah salah satu komposer muda terbaik yang dimiliki oleh Indonesia saat ini. Gardika Gigih Pradipta tidak hanya berhasil menciptakan komposisi yang membuat pendengarnya penasaran dan sibuk. Lebih dari itu, Gardika Gigih Pradipta telah sukses dalam membangun mood dalam sebuah lagu dengan atmosfer yang kuat dan dalam. Mood yang tersaji dalam lagu “Kereta Senja” ini adalah salah satu bagian terpenting dalam penciptaan relasi dengan pendengarnya dan terasa spesial ketika kita tahu bahwa komposisi yang ditulis oleh Gardika Gigih terdengar seperti sangat memahami kita. Album debut Nyala akan dirilis pada tahun 2017 ini, sampai saat ini belum ada informasi pasti mengenai tanggal perilisan, tapi kita akan menantikan album tersebut.

Dengarkan salah satu lagu Indonesia terbaru yang dirilis oleh Gardika Gigih Pradipta berjudu “Kereta Senja” di bawah ini dan jangan lupa untuk mengabarkan kepada teman kalian.

Share
Tweet
+1