Selalu ada sesuatu yang indah tersembunyi dalam setiap karya dari Julien Baker, tak terkecuali karya terbarnya yang berjudul “Appointments”. Lagu baru ini merupakan salah satu lagu yang diambil dari album terbaru sekaligus kedua dari Julien Baker, Turn Out the Lights yang akan dirilis pada 27 Oktober mendatang melalui label yang juga pernah menaungi nama-nama seperti Yo La Tengo, Sonic Youth, dan Car Seat Headrest, Matador Records. Album ini sekaligus menjadi pembuktian bagi Julien apakah dirinya sanggup mengulangi album debut spektakulernya yang juga menjadi album terbaik tahun 2015 versi Backstage Whisp, Sprained Ankle.

Hidup dengan gangguan mental merupakan hal yang menjengkelkan, Julien Baker secara implisit menunjukkan bagaimana dirinya harus bertarung setiap hari dengan pikirannya sendiri, seperti saat dia menyanyikan bait “I have to believe that it is/ (Probably not, but I have to believe that it is)”. Dengan penuh penghayatan yang kadang terdengar seperti mengiris hati itu, kita bisa melihat dengan jelas bahwa di tengah semua kejeniusan seorang Julien Baker, dia masihlah manusia biasa yang harus belajar untuk menghadapi pergolakan batin setiap harinya, sebuah pertarungan tanpa henti antara perasaan optimis dan pesimis, “And till then I should just try not to miss any more appointments.”.

Semua pergolakan itu semakin terasa nyata dan seperti termaterialisasi dengan dukungan sparkling instrumen yang terus membayangi dengan kesan ambience yang sangat kuat, seperti sedang bereaksi terhadap segala sesuatu yang terjadi pada Julien Baker sendiri. Memang benar, Julien Baker tidak memilih untuk bereksperimen terhadap sesuatu yang baru di lagu “Appointments” ini, semua yang tersaji masih memiliki cita rasa Sprained Ankle yang sangat kuat, seperti sebuah trademark yang menempel pada brand Julien Baker. Melalui lagu ini, kita juga bisa melihat bagaimana Julien Baker semakin menguasai cara menciptakan sensasi yang memuaskan meskipun harus memporak-porandakan perasaan kita terlebih dahulu menjadikan lagu ini begitu personal bagi setiap pendengarnya. Splendid job, Baker!

Dengarkan lagu berjudul “Appointments” secara gratis di bawah ini, kalian juga bisa download mp3 lagu ini secara legal melalui iTunes. Turn Out the Lights akan dirilis pada tanggal 27 Oktober 2017 mendatang melalui Matador.

Baca juga topik menarik lainnya mengenai Lagu Pop dan Lagu Barat dari Backstage Whisp.

About The Author

Martin K.Y

I’d love to talk mostly about music and pro wrestling, sometimes about anime and basketball, come talk.

Share
Tweet
+1