Satu nama dari Jakarta yang sangat menarik untuk dibincangkan, perkenalkan Grow Rich. Memang namanya sepintas masih terasa asing di telinga kita, namun yakinlah bahwa band yang satu ini justru melampaui semua ekspektasi yang disematkan kepada band Indonesia dengan sukses menampilkan albumnya di halaman depan dari platform musik paling menarik saat ini, Bandcamp. Sebagai sebuah band yang ternyata hanya terdiri dari satu orang, mampu mencapai pencapaian yang seperti itu jelas sangat mengesankan.

Grow Rich adalah proyek musikal dari seseorang yang bernama Abdur Rahim Latada yang mungkin bisa juga dikenal sebagai bagian dari Ultra Enigma dan Nervous Breakdown, dua-duanya merupakan band yang berbasis di Jakarta. Melalui halaman Bandcamp-nya, Grow Rich memproklamirkan bahwa musik yang mereka (atau dia?) bawa akan membawamu ke dalam suasana relaksasi, sebuah pernyataan yang mungkin sedikit membingungkan ketika kita mulai mendengarkan lagu-lagu mereka. Impresi yang bisa kalian dapatkan ketika kalian pertama kali mendengarkan lagu ini adalah raw, gritty, dan juga penuh lika-liku yang menarik, nyatanya saya tak pernah tahu bahwa ternyata esensi yang dibawakan lebih luas daripada itu.

“Cash to Kyodo” banyak bercerita mengenai Stan Lee yang mungkin saja merujuk kepada seorang penulis komik legendaris yang karya-karyanya dapat dikenal melalui distribusi dari Marvel, namun tentu saya bisa saja salah. Yang jelas ketika kalian membaca lirik dari “Cash to Kyodo”, ada semacam persepsi yang menjurus bahwa Stan Lee ini adalah seorang yang sangat dikenal oleh Oyi (nama panggilan dari Abdur Rahim Latada). Namun, bisa juga semacam sebuah komunikasi internal dengan diri sendiri. Setelah beberapa kali mendengarkan lagu ini, baru saya sadar bahwa Stan Lee bisa jadi merupakan sebuah proksi yang digunakan oleh Grow Rich untuk berbicara personal kepada diri kita serta sebagai pengingat bagi Oyi sendiri. Memahami hal tersebutlah yang membuat saya yakin bahwa lagu ini bernilai untuk didengarkan secara serius, bukan hanya digunakan sebagai latar lagu seperti yang tertulis di halaman bandcamp dari Grow Rich.

Komunikasi personal yang diwakili oleh seorang sosok itu kemudian dibalut dengan musik yang menyegarkan. Grow Rich dengan cerdas membangun struktur yang benar-benar bisa didengarkan berkali-kali, seperti tak pernah memberikan kepuasan dan membuatmu terus menerus penasaran. Saya suka dengan pendekatan dari Grow Rich untuk menulis lagu ini, tak ayal 3 menit kurang yang dibangun dari beberapa pondasi groovy drum, counter melody, dan sound yang lumayan tebal ini menjadi semacam mesin waktu dan berlalu terlalu cepat. Tak bisa disalahkan jika akhirnya kita memilih untuk kembali mengulangi lagu ini hanya untuk mengulang beberapa bagian yang seperti lewat terlalu deras, padahal ada beberapa detail yang menarik untuk didengarkan secara seksama.

Dengarkan lagu “Cash to Kyodo” secara gratis di bawah ini dan jika kamu mau, kamu bisa download mp3 lagunya secara legal melalui halaman Bandcamp Grow Rich.

Baca juga topik menarik lainnya mengenai Lagu Terbaru, Lagu Indonesia, dan Lagu Rock dari Backstage Whisp.

Share
Tweet
+1