Glaskaca, kuintet alternatif asal ibu kota Jakarta hadir untuk turut serta dalam usaha memperluas lingkup musik arus pinggir Indonesia. Berbicara mengenai band yang satu ini, mereka bermain dalam lingkup alternatif dan baru saja merilis EP terbaru mereka dengan judul Stædig pada bulan Januari 2017 lalu (kalian bisa mendapatkannya melalui laman Bandcamp Glaskaca). Terlepas dari EP tersebut, mereka melanjutkan karya mereka dengan merilis sebuah lagu terbaru yang diberi judul “Preclear”. Oh ya, proses pengerjaan artwork dari lagu ini dibantu oleh salah satu personel Scaller, Stella Gareth.

Lagu “Preclear” ini mengandung pesan kontemplatif, Glaskaca dengan segala jerih payah mereka dalam menciptakan atmosfer setebal ini memberikan sebuah gagasan yang menarik untuk kita ikuti. Dua bait pertama menggambarkan hal itu dengan gamblang, sebuah pertanyaan terlontar diselimuti kabut tebal dalam kaidah musik yang sedikit abstrak. Musik mereka riuh dengan bunyi melengking, ketika ambient menjadi titik utama pijakan mereka. Yang menarik, departemen bass difungsikan dengan sangat maksimal di lagu ini, dibiarkan mengalir liar layaknya sebuah labirin tak bertepi. Menghadirkan kesan mistik bagi lagu yang tak ubahnya bagai sebuah pemandang sinematik sarat layer, penuh dan menghidupi, sepintas juga memberikan gambaran terhadap karya-karya dari Kyle Dixon dan Michael Stein dalam serial Stranger Things.

Fokus utama Glaskaca terletak pada proses pencarian jawaban, yang mereka narasikan dengan elok melalui sequencing yang memikat sampai akhirnya mereka sadar akan perlunya peningkatan intensitas ketika sebuah wahyu mulai menaungi. Penemuan wahyu atau jawaban itu akhirnya menjadi titik klimaks bagi mereka, bukan hal yang aneh ketika itu mereka ekspresikan sebagai dengan cara semeriah mungkin, mulai dari towering gitar atau efek overdrive yang mulai memainkan peranannya. Jangan lewatkan juga bagian setelah premis utama mereka utarakan, entah bagaimana bagian itu disebut, yang jelas ketika fill in drum bertemu dengan quick palm mute seperti itu kalian tahu bahwa mereka sedang berada di puncak dan terdengar sangat menikmati momen itu.

Kalian bisa mendengarkan lagu baru Glaskaca berjudul “Preclear” di bawah ini atau melalui halaman Bandcamp mereka.

Baca juga topik menarik lainnya mengenai Lagu Pop dan Lagu Indonesia dari Backstage Whisp.

Share
Tweet
+1