Boleh dikatakan, melakukan stripped down terhadap sebuah lagu untuk kemudian dirilis ulang dalam versi akustik sudah jamak dilakukan oleh banyak band dan berlangsung selama beberapa dekade. Tak terkecuali dengan band pengusung pop rock asal kota Malang, Coldiac yang baru-baru ini merilis sebuah versi imaji dari lagu mereka yang berjudul “Heartbreaker”. Bedanya adalah mereka tidak hanya merubahnya menjadi akustik, mereka bisa dikatakan merombak ulang lagu ini yang dalam siaran press disebut sebagai versi Lounge Set.

Apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar kata lounge? Biasanya sih istilah ini diasosiasikan dengan tempat untuk menunggu. Kamus Cambridge sendiri mengasosiasikan kata lounge sebagai sesuatu untuk relaksasi, santai, melepaskan diri dari hingar bingar kehidupan. Berdasar pendekatan itu, versi imaji ulang dari “Heartbreaker”, saya kira cocok untuk menyandang istilah tersebut. Versi ini terdengar lebih chill, sebuah versi yang saya rasa cocok untuk menjadi latar aktivitas bersantai kalian. Oke kalimat sebelumnya saya akui cukup klise, untuk selanjutnya mungkin saya akan menyebut ini sebagai lagu penetral suasana.

Tanpa mengurangi konten yang ada di versi original “Heartbreaker”, versi imaji ulang dari “Heartbreaker” tetap memiliki kedalaman dan juga sound yang sangat kaya. Salah satu highlight dari versi ini yang begitu menarik perhatian adalah pemilihan sound yang shimmering, glittering, seperti sebuah kristal yang sedang dibolak-balik. Mengajak kita untuk terus memperhatikan dan meresapi kedalaman yang sedang ditawarkan. Efek ini menurut saya cukup menghipnotis dan menghadirkan sebuah suasana yang benar-benar baru untuk lagu “Heartbreaker”, terdengar sangat segar.

Kita juga perlu mengapresiasi bagaimana mereka berani show off dengan memamerkan kemampuan mereka dalam bermain instrumen. Beberapa kali bass line di lagu ini mengundang decak kagum, seperti saat memasuki bridge 2 maupun ketika bermain solo. Jika kita sudah mendengarkan versi asli “Heartbreaker”, tentu kita sudah familiar dengan bagian interlude setelah chorus 2, nah bagian tersebut digantikan oleh bass dan saya rasa menakjubkan.

Melalui press release, Coldiac juga mengabarkan bahwa mereka tengah bersiap melakukan versi imaji ulang terhadap lagu-lagu mereka yang lain. Bahkan tidak menutup menutup kemungkinan jika versi imaji ulang ini akan dirilis secara terpisah. Until then, versi ini menunjukkan kapasitas bermusik dari Coldiac dan menurut saya mereka tidak main-main.

Kalian bisa mendengarkan versi Lounge Set dari “Heartbreaker” di bawah ini. Kalau kalian belum pernah mendengarkan versi asli dari “Heartbreaker”, kalian bisa mendengarkannya di sini Secercah Kebesaran Musik Pop Di Lagu Baru Coldiac “Heartbreaker”

About The Author

Martin K.Y

I'd love to talk mostly about music and pro wrestling, sometimes about anime and basketball, come talk.