Unit feminist punk asal Melbourne, Australia, Camp Cope melanjutkan eksistensi mereka melalui sebuah lagu terbaru dengan judul “The Opener”. Lagu ini merupakan lanjutan dari dua rilisan terdahulu mereka, debut self titled di tahun 2016 yang juga merupakan salah satu album terbaik tahun 2016 dan sebuah split dengan band favorit para penggiat feminist, Cayetana pada awal tahun 2017 ini. Melalui lagu ini, Camp Cope juga semakin mempertegas posisi mereka sebagai salah satu band paling menjanjikan yang layak untuk mendapat sorotan utama dalam konteks musik arus pinggir internasional.

Selepas dari debut album yang tak main-main, Camp Cope terkenal dengan ciri khas mereka, yaitu bass line yang menonjol, sound yang sangat kasar, dan tentu saja penjiwaan yang sangat mengagumkan dari vokalis mereka Georgia Maq yang seperti mampu menyihir para pendengar lagu-lagu dari Camp Cope dan membawa mereka untuk turut serta merasakan getir yang sedang dirasakan oleh Georgia. Lagu baru mereka ini, “The Opener” tidaklah jauh dari ketiga hal tersebut.

Standar sangat tinggi yang mereka terapkan sendiri melalui dua rilisan terdahulu, berhasil mereka capai atau malah mereka lewati dengan mulus melalui lagu ini. Ciri khas yang seperti sudah menempel dalam band ini pun terdengar semakin matang, dengan aransemen gitar dan drum yang kali ini terdengar semakin tajam. Semua itu semakin lengkap ketika Georgia Maq mulai menyanyikan lirik yang isinya penuh sekali dengan kenyataan pahit di skena atau industri musik saat ini yang memang masih didominasi oleh kaum pria. Melalui suara sarat emosinya, Georgia seperti sedang menyenandungkan sebuah litani yang ditujukan untuk mengkritik bagaimana sikap pria terhadap wanita seperti dirinya di komunitas musik, seperti dalam lirik “It’s another man telling us we can’t fill up the room/It’s another man telling us to book a smaller venue,” yang dinyanyikan Georgia Maq dengan penuh kekesalan.

Konten yang begitu berisi inilah yang menjadikan lagu “The Opener” sebagai salah satu lagu paling menonjol sepanjang tahun 2017 ini. Memang benar, secara kaidah budaya populer, lagu ini tidaklah memiliki sisi komersial yang bisa memikat jutaan telinga. Namun, jika kita membuka telinga kita terhadap pentingnya konten yang disampaikan oleh Camp Cope di lagu ini, bukan tak mungkin bahwa lagu ini akan menjadi anthem perjuangan bagi para feminist punk selanjutnya.

Dengarkan lagu “The Opener” dari Camp Cope di bawah ini dan download juga mp3-nya secara legal melalui halaman Bandcamp milik Run For Cover Records.

Baca juga topik menarik lainnya mengenai Lagu Punk dan Lagu Barat dari Backstage Whisp.

About The Author

Martin K.Y

I’d love to talk mostly about music and pro wrestling, sometimes about anime and basketball, come talk.

Share
Tweet
+1