Nama baru dari kota Yogyakarta yang layak untuk ditunggu kehadirannya, perkenalkan Seahoarse. Mereka merupakan bagian dari ever-expanding-roster label ibu kota yang senantiasa menghadirkan band-band segar yang sebelumnya tak pernah diketahui keberadaannya, Kolibri Records. Beberapa waktu yang lalu, mereka merilis single perkenalan berjudul “Apprentice” yang dilepas untuk memperkenalkan sekaligus mempersiapkan jalan bagi debut album mereka yang akan segera dirilis, Magical Objects. Menindaklanjuti dari perilisan lagu itu, kemarin mereka merilis sebuah video baru untuk melengkapi lagu “Apprentice”.

Berbicara mengenai video dari lagu “Apprentice”, kalian sebenarnya bisa membuat pemutar musik kalian dalam kondisi mute (senyap) dan tetap mengetahui bahwa Seahoarse memainkan musik dalam khazanah dream pop. Entah mereka itu sedang melakukan sindiran, parodi, atau apalah (hanya mereka dan Tuhan yang tahu), saat mereka menyelipkan keterangan “jangly intro” dalam awal video mereka. Apapun tujuan mereka, mereka sudah sukses memancing tawa geli dengan cara mereka dalam mengemas video ini. Pujian patut diberikan kepada pihak Kolibri Records karena konsistensi mereka dalam penetapan estetika yang dikemas untuk debut album Seahoarse ini.

Lagu “Apprentice” sendiri memiliki penceritaan yang relatif menarik. Melalui lagu ini, kita dapat melihat Seahoarse dengan penuh warna. Dapat dikatakan, mereka kaya akan ekspresi, entah dalam diksi maupun dalam tendensi mereka untuk melakukan counter melody. Walaupun sekilas metafora yang mereka gunakan untuk menggambarkan hubungan cinta beda usia tergolong sulit untuk dijabarkan, mereka mengkompensasi hal tersebut dengan kemampuan dalam pemilihan nada-nada yang manis dan ringan yang akan membekas dalam ingatanmu untuk beberapa waktu. Pemilihan melodi yang melekat dan dipahat dengan halus itu membawa peran yang sangat besar dalam menjelaskan arah musik yang mereka tuju dan melalui lagu ini, mereka telah sukses dalam menyingkapnya. Layaklah Seahoarse disebut sebagai salah satu band arus pinggir Indonesia yang layak diperhatikan tahun 2017 ini.

Kalian bisa mendengarkan lagu berjudul “Apprentice” di bawah ini. Album debut dari Seahoarse berjudul Magical Objects akan dirilis pada minggu depan, silahkan hubungi Kolibri Records untuk informasi lebih lanjut: https://www.instagram.com/kolibrirekords/.

Ikuti juga Deretan Lagu Terbaru lainnya dari Backstage Whisp dan bantu kami berkembang dengan membagikan ulasan ini kepada teman kalian.

About The Author

Redaksi

Backstage Whisp (http://backstagewhisp.com/) adalah media online musik alternatif berbahasa Indonesia. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami di [email protected]

Share
Tweet
+1