Band asal South Carolina, Hundredth mengambil langkah yang sangat strategis dalam perilisan materi terbaru mereka. Bertolak dari musik hardcore yang mereka mainkan di rilisan sebelunya, Hundredth memilih untuk menyalurkan musikalitas mereka dalam wadah baru, shoegaze. Perpindahan halauan itu sudah dapat ditebak sejak dirilisnya single pertama dari album terbaru mereka yang berjudul “Neurotic”. Melanjutkan perpindahan yang mereka wujudkan dalam lagu “Neurotic”, kali ini Hundredth merilis lagu terbaru mereka yang berjudul “Youth” yang juga diambil dari album mereka selanjutnya RARE yang akan dirilis pada 16 Juni 2017 melalui Hopeless Records nanti.

Lagu “Youth” adalah lagu yang merepresentasikan akan kemana band ini melangkah. Dicetak dalam bingkai bernama shoegaze, lagu ini dipenuhi oleh cabikan gitar yang memabukkan dan vokalis Chadwick Johnson yang mulai menemukan pijakan dalam menyanyikan sesuatu yang lebih melodius. Bisa dikatakan, ini yang terjadi ketika Hundredth mulai menemukan kebuntuan, ketidakpuasan atas keterbatasan yang selama ini merenggut mereka ketika memainkan musik hardcore. Ingin menghempaskan diri dari keterikatan itu, Hundredth akhirnya menemukan pelarian mereka untuk memenuhi hasrat kreatif yang sudah menggebu-gebu itu untuk akhirnya tercebur dalam perubahan yang radikal seperti ini.

Lagu “Youth” banyak bersentuhan dengan pergulatan batin yang digambarkan dalam penulisan lirik. Chadwick Johnson beberapa kali mengajukan pertanyaan kepada dirinya sendiri, sebuah pertanyaan yang bahkan dia tidak begitu yakin untuk ditanyakan. Proses itu seperti sebuah proses pencarian kedamaian yang mereka lakukan, beberapa kali mereka beretorika, sebelum akhirnya memilih untuk kembali ke titik paling aman mereka, kesendirian. Selama proses bertanya itu, mereka akhirnya menemukan sebuah resolusi yang akan menjadi panduan bagi arah mereka selanjutnya, itu tampak dalam sebuah lirik yang berbunyi, “If I could go back/ I would never started the war.“. Sekilas kita bisa bersepakat bahwa lagu ini adalah mengenai proses perenungan akan kejadian yang telah terjadi dan bagaimana kejadian tersebut menjadi sangat penting bagi proses pengambilan keputusan di masa mendatang.

Kalian bisa mendengarkan proses perubahan yang dialami oleh Hundredth melalui lagu berjudul “Youth” di bawah ini. Album RARE akan dirilis pada 16 Juni 2017 mendatang dan bisa kalian pesan melalui link berikut.

Ikuti terus Backstage Whisp untuk ulasan dan berita musik terbaru.

About The Author

Redaksi

Backstage Whisp (http://backstagewhisp.com/) adalah media online musik alternatif berbahasa Indonesia. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami di [email protected]

Share
Tweet
+1