Answer Sheet adalah salah satu band folk pop asal Indonesia yang kalian semua mesti tau. Trio folk yang sangat khas dengan ukulelenya ini telah merilis sebuah album debut melalui Paperplane Records dan Senjahari Records pada Mei 2013 lalu dan mendapat sambutan positif dari fans dan pengamat musik. Paska setahun dirilisnya album debut mereka, Istas Promenade, trio yang beranggotakan Ogik, Suryo, dan Abi ini mengaku sedang bersenang-senang sambil mempersiapkan rilisan baru. Backstage Whisp berkesempatan untuk ngobrol dengan band folk pop asal Yogyakarta ini. Kami membicarakan hal-hal seputaran video baru mereka, kemungkinan album baru, dan berkolaborasi dengan Frau. Simak interviewnya di bawah ini.

Backstage Whisp: “Halo kalian, apa kabar?”
Answer Sheet: “Kabar kami baik semuanya (tertawa) masih santai dan senang-senang.”

Backstage Whisp: “Jadi kalian baru aja merilis video kalian setelah sekian lama berjudul “A Love Beach, Sadranan”, bisa diceritain nggak sih cerita di balik pembuatan video itu?”
Answer Sheet: “Awalnya kami memang berencana untuk merilis video klip sesaat setelah album rilis. Tepatnya pada Maret 2013. Tapi dari Maret sampai tengah tahun ini banyak hal yang terjadi dan kami baru kepikiran untuk bikin video (tertawa) Tapi momennya pas ketika Oki (dari Fluffy Videos) menawarkan diri untuk bikin video jadilan video Sadranan ini. Agak ganjil juga ketika video ini baru dibuat jauh setelah album kami dirilis, but that’s us! Kami akan bikin ketika kami mau bikin.”

Backstage Whisp: “Wah ngeles ya ceritanya (tertawa) kalo dipikir udah lama juga album debut kalian Istas Promenade dirilis. Lalu sekarang apa ada rencana untuk bikin album baru dalam waktu dekat?”
Answer Sheet: “Untuk full album sepertinya belum. Berkaca dari pengalaman kemarin, kami masih harus banyak berbenah di banyak hal terutama masalah teknis. Kami tidak ingin album selanjutnya dari Answer Sheet sekedar lagu baru saja, kami menginginkan adanya suasanan baru. Ya dengan formasi baru dan keterbatasan waktu dari masing-masing personal, dimana kami itu berada di semester akhir semua ya yang paling memungkinkan untuk saat ini adalah pengerjaan live album.”

Backstage Whisp: “Jadi sejauh mana formasi baru kalian mempengaruhi gaya bermusik Answer Sheet?”
Answer Sheet: “Awalnya Answer Sheet itu adalah duo ukulele. Yang mengamati Answer Sheet sejak awal kami terbentuk akan tahu gimana perbedaan formasi Answer Sheet. Intinya no more keyboard, no more twin ukuleles. Sekarang teknik live looping kami gunakan sebagai pengisi kekosongan 2 elemen tersebut (twin ukuleles dan keyboard). Lalu Suryo (gitar) masuk untuk mengakali kekosongan keyboard, di saat yang hampir bersamaan juga Abi masuk untuk memainkan bass. Kalau dalam bahasa yang paling gampang, live album kami nanti adalah bagaimana kami akan memainkan lagu-lagu lama kami dengan cara yang baru.”

Backstage Whisp: “Wah kelihatannya bakal menarik banget, lalu apa sudah ada rencana dari kalian untuk pergi tur dalam waktu dekat ini? Gue yakin bakal banyak di luar sana yang antusias ngeliat performance kalian.”
Answer Sheet: “Belum ada rencana sih, tapi pengen banget! Tur akan sangat menyenangkan.”

Backstage Whisp: “Yap bukankah semuanya itu memang tentang bersenang-senang dengan musik yang kalian mainkan. Jadi kalo boleh memilih satu kota saja, kota yang pengen banget buat kalian datangi?”
Answer Sheet: “Nggak ada keinginan khusus sih, yang jelas kami pengen main ke kota yang belum pernah kami datangi sebelumnya (tertawa).”

Backstage Whisp: “Jadi apa show terbaik yang pernah mainkan selama ini?”
Answer Sheet: “Ini susah (tertawa). Mungkin show terbaik kami adalah saat Frau melaunching album Happy Coda di IFI-LIP Jogja tahun lalu. Inilah pertama kalinya kami bermain dengan live looping.”

Backstage Whisp: “Oh ya kami ingat itu, jadi apa kalian tidak tertarik untuk mengajak Frau berkolaborasi di satu lagu?”
Answer Sheet: “Wah bakal seru itu, tapi kami malu mas.”

Backstage Whisp: “Sedikit kembali ke awal, gue tertarik banget setelah denger penjelasan kalian mengenai album live kalian. Jadi sejauh mana proses pengerjaan album live ini? Apakah kalian sudah mulai mengerjakkannya?”
Answer Sheet: “Live album akan mulai dikerjakan Desember atau Januari nanti. Prosesnya hanya akan berlangsung satu hari, singkatnya one take one shoot. Cuma preparenya yang harus dimatangkan lagi. Setelah ini kami mau rapat (tertawa)”

Backstage Whisp: “Pasti banyak yang penasaran, oke pertanyaan terakhir. Gue pengen tau gimana pendapat kalian tentang album kalian sendiri Istas Promenade?”
Answer Sheet: “Istas Promenade adalah album yang tanggung, setara antara sisi baik dan buruknya. Sisi baik 50% untuk hal yang tidak pernah kami pikirkan sebelumnya, seperti membuat album sendiri. Materi yang baik karena kami kerjakan benar-benar dari hati dan respon bagus dari beberapa pendengar maupun musisi. Sisi buruk 50% untuk hal yang kami rasa ganjil, antara lain waktu dan kondisi rilis yang kurang tepat, teknis sound pribadi kami belum matang dan cover album pada platform digital seperti iTunes, Deezer dan sebagainya ternyata salah format, harusnya kami mengirim format RGB tapi yang dikirm malah format CMYK (tertawa) Spele tapi berpengaruh besar, but apart from those, album ini bagus sebagai perkenalan ‘Siapa itu Answer Sheet’ atau paling tidak ‘Siapa itu old Answer Sheet”.”

Backstage Whisp: “Okay thank you banget udah nyempatin waktu untuk berbincang bersama dengan kami. Kami tunggu album baru kalian selanjutnya.”

Kalian semua dapat menemukan musik Answer Sheet di iTunes atau Bandcamp mereka. Jangan lupa untuk follow twitter mereka juga di @answer_sheet

About The Author

Redaksi

Backstage Whisp (http://backstagewhisp.com/) adalah media online musik alternatif berbahasa Indonesia. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami di [email protected]

Share
Tweet
+1