Seiring perkembangan zaman, ada satu yang tak pernah berubah dalam industri musik, yaitu tentang bagaimana lagu pop menjadi sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Musik pop sendiri sebenarnya memiliki definisi yang sedikit kabur, ada orang yang mendefinisikan musik pop sebagai lagu populer apapun yang hadir pada zaman tertentu, entah itu rock, folk, metal, punk, atau bahkan dalam kasus paling ekstrim sekalipun dangdut. Pengertian itu memang tidak salah, bagaimanapun juga lagu pop merupakan sebuah lagu dengan daya tarik yang luas, disukai banyak orang, dan diterima oleh orang banyak. Namun, tak sedikit pula yang memberikan sekat terhadap apa itu musik pop, sehingga dalam beberapa budaya orang akan cenderung membedakan apa itu lagu pop dengan lagu yang lainnya.

Jika kita tarik garis lurus, ada benang merah yang selalu terlihat ketika kita mendengarkan lagu pop. Biasanya, lagu-lagu pop yang menjadi sangat terkenal dan melambangkan suatu masa akan memiliki beberapa karakteristik yang mirip, yang pertama lagu itu memiliki cukup banyak elemen dari musik lainnya, seperti hip hop, country, rock, atau bahkan jazz. Yang kedua, biasanya musik pop akan berkembang sesuai dengan apa yang sedang menjadi trend pada masa tertentu. Jika kalian menarik garis dari tahun 50an, kalian akan menyadari bahwa lagu-lagu pop yang dirilis di beberapa dekade yang berbeda ternyata memiliki semacam ciri khasnya sendiri. Untuk sejarah musik pop sendiri akan tim redaksi bahas dalam artikel yang lain.

Lalu sebenarnya, apa itu musik pop? Elemen seperti apa yang menjadikan sebuah lagu menjadi pop? Pendapat pertama yang menyebutkan lagu pop sebagai lagu populer bukanlah pendapat yang salah. Ada beberapa kasus dimana sebuah band atau seorang musisi menjadi sangat terkenal sehingga musik yang mereka mainkan, yang sebelumnya mungkin hanya terbatas pada kalangan tertentu, menjadi sangat populer dan didengarkan oleh banyak orang. Pada kasus inilah, sebuah lagu pop bisa dianggap sebagai wujud dari lagu populer. Definisi kedua yang bisa dijadikan acuan adalah dengan meminjam definisi pop berdasarkan karakteristik teknis dari sebuah lagu. Ini pun tidak salah, bagaimanapun sebuah lagu populer biasanya memang memiliki beragam pengaruh dari jenis musik lain, bahkan ini juga sering berlaku di Indonesia.

Berangkat dari dua pengertian di atas yang menurut tim redaksi sama-sama benar, tim redaksi Backstage Whisp menyusun sebuah kumpulan lagu pop yang dianggap memiliki pengaruh paling besar, baik di industri musik ataupun mempengaruhi kemanusiaan secara langsung. Lagu-lagu yang ada di bawah ini adalah lagu yang meletakkan dasar penting bagi industri musik, bahkan lagu-lagu ini juga dianggap membawa pengaruh terhadap perkembangan lagu-lagu di Indonesia dan seluruh dunia, baik itu lagu lama yang membawa perasaan nostalgia maupun juga lagu-lagu terbaru yang baru saja dirilis yang sepertinya didominasi oleh kawin silang antara electronic dance music (EDM) dengan aliran musik lainnya. Akhir kata, selamat menikmati sajian mengenai lagu pop paling berpengaruh sepanjang masa ini.

John Lennon – Imagine

John Lennon

Lagu berjudul “Imagine” adalah lagu yang identik dengan nama John Lennon. Ada banyak pendapat kontroversial mengenai lagu ini, beberapa kalangan menganggap lagu ini sebagai sebuah lagu yang anti agama, anti nasionalisme, dan anti kapitalis. Lagu ini merekam secara penuh gagasan seorang John Lennon mengenai perdamaian dan harmoni dengan mengharapkan sebuah kesatuan dalam hal apapun yang tertuang secara jelas dalam lirik lagu berjudul “Imagine” ini. Sebuah lagu yang sangat berpengaruh, tak hanya secara ideologi, tetapi juga menempatkan standar baru dalam hal musikalias. Dengarkan lagu “Imagine” di bawah ini.

John Lennon – Imagine (official video)

 

Outkast – Hey Ya

OutKast

Outkast memilki musik yang menarik, mereka disebut sebagai sebuah unit hip hop namun tak jarang pula kita bisa mendengar beragam pengaruh seperti country maupun gospel dalam musik mereka. Lagu “Hey Ya” adalah salah satu lagu hits terbesar dari Outkast, sebuah lagu yang bisa menggerakkan pendengarnya. Jika harus diklasifikasikan ke dalam salah satu jenis musik, lagu ini bisa saja dianggap sebagai lagu hip-hop, rap, bahkan dance sekalipun. Kesuksesan “Hey Ya” menjadi salah satu penggerak bagi musisi lainnya untuk lebih berani melakukan eksplorasi dalam musik pop yang masa itu cukup satu dimensional. Dengarkan lagu “Hey Ya” di bawah ini.

OutKast – Hey Ya!

 

Michael Jackson – Thriller

Michael Jackson

Epik dan groundbreaking, Michael Jackson meletakkan landasan tentang pop 101 lewat lagu berjudul “Thriller” ini. Lewat lagu “Thriller” juga, kita bisa belajar mengenai cara bagaimana sebuah musik dikemas untuk dipasarkan kepada pendengarnya. Tak hanya itu, lagu ini juga merevolusi standar video yang ditampilkan di MTV pada saat itu, membuta musisi-musisi lain ikut terpacu untuk membuat karya dengan kualitas yang sama. Hal-hal itu menjadi alasan kenapa lagu “Thriller” ini sangat ikonik dan dinilai memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap industri musik pop secara keselarahan. Bahkan, lagu “Thriller” juga dianggap sempat ‘menyelamatkan’ industri musik yang sempat sekarat. Dengarkan lagu “Thriller” di bawah ini.

Michael Jackson – Thriller (Shortened Version)

 

Christina Aguilera – What a Girl Wants

Christina Aguilera

Christina Aguilera adalah seorang penyanyi kelas berat, kualitas suara serta teknik vokal yang dia miliki sudah tak perlu diragukan lagi. Menjadi salah satu penyanyi wanita yang dikenal di akhir abad 20 lewat album debut self titlednya, Christina Aguilera memperkenalkan sebuah lagu berjudul “What a Girl Wants”, sebuah lagu ballad yang memukau. Tak hanya itu, kehadiran seorang Christina Aguilera dalam peta industri musik arus utama juga mempengaruhi standar emas yang ditetapkan di industri ini. Selain bakatnya yang luar biasa, Christina Aguilera juga termasuk vokal dalam menyuarakan aspirasinya, sebelum Beyonce atau Taylor Swift menjadi ikon feminisme modern, Christina Aguilera sudah giat dalam melawan budaya patriarki lewat karya-karyanya. Dengarkan lagu “What a Girls Wants” di bawah ini.

Christina Aguilera – What A Girl Wants

 

The Beatles – I Want To Hold Your Hand

The Beatles

The Beatles mungkin adalah band terbesar sepanjang masa yang pernah dilahirkan dari industri musik. Salah satu lagu paling berpengaruh yang ada di dalam diskografi besar The Beatles adalah lagu berjudul “I Want To Hold Your Hand”. Lagu ini memiliki pengaruh yang tidak main-main, dianggap sebagai lagu yang mengawali revolusi musik besar-besaran di tahun 60an dan menjadikan The Beatles sebagai sensasi rock n roll yang pernah ada di muka bumi ini. Tumbuh sebagai idola bagi para pemuda Britania Raya, The Beatles akhirnya sukses ‘menjajah’ industri musik Amerika Serikat ketika lagu “I Want To Hold Your Hand” ini memancing 70 juta pemirsa pada sebuah acara bernama Ed Suillivan Show. Angka penonton televisi terbesar pada masa itu. Dengarkan “I Want To Hold Your Hand” di bawah ini.

The Beatles – I Want To Hold your Hand [HD]

 

Sam Cooke – A Change Is Gonna Come

Sam Cooke

Sam Cooke mungkin adalah penampil atau penyanyi pop paling berpengaruh pada dekade 60an. Suara emasnya yang lembut dan kemampuannya dalam menulis lagu romantis tentang gairah cinta masa muda disukai oleh jutaan orang pada masa itu. Namun, popularitas Sam Cooke tak menghalanginya untuk mendapat perlakuan yang tidak adil. Setelah ditolak oleh sebuah hotel untuk menginap, Sam Cooke memiliki gagasan untuk menciptakan perubahan yang revolusioner melalui lagu berjudul “A Change Is Gonna Come”. Lagu ini berbicara tentang perlakuan tak adil yang sering diterima oleh orang kulit hitam dan diterima sebagai sebuah anthem perjuangan dalam mempertahankan hak sipil mereka. Dengarkan “A Change Is Gonna Come” di bawah ini.

Sam Cooke – A Change Is Gonna Come (Official Lyric Video)

 

Nirvana – Smells Like Teen Spirit

Nirvana

Salah satu band yang berhasil memaksa musik mereka menjadi sangat populer dan disukai jutaan manusia. Nirvana adalah salah satu alasan meledaknya musik alternatif di akhir dekade 90an. Efek Nirvana ini begitu dahsyat, orang-orang menjadi mendadak edgy dan bangga menyebut diri mereka sebagai fans musik underground. Nirvana dikenal dengan musik grunge yang mereka mainkan, mereka memberi dimensi baru terhadap musik rock n roll yang dipadupadankan dengan beberapa bentuk musik populer lainnya. Sampai saat ini, lagu “Smells Like Teen Spirit” akan tetap relevan dan sosok Kurt Cobain akan tetap dipandang sebagai salah satu nabi yang diutus untuk membawa perubahan terhadap lanskap musik secara keseluruhan. Dengarkan “Smells Like Teen Spirit” di bawah ini.

Nirvana – Smells Like Teen Spirit

 

The Kinks – Lola

The Kinks

Dekade 60an banyak menyimpan cerita tentang revolusi, tak hanya melulu tentang musik namun juga pergerakan lain yang mengubah wajah dunia di masa mendatang. Salah satu lagu berpengaruh yang lahir di era tersebut adalah lagu dari The Kinks berjudul “Lola”. “Lola” sepertinya tak pernah ditulis sebagai bentuk pernyataan politik dari The Kinks, namun lagu ini sangat terbuka terhadap kemungkinan itu ketika The Kinks mengajukan pendekatan yang lebih kasual dalam menanggapi isu mengenai identitas seksual. Satu dekade setelah The Kinks merilis “Lola”, beberapa musisi besar lainnya mulai ikut bagian dalam membahas hal yang sama, seperti ketika David Bowie yang merilis lagu “Rebel Rebel” atau ketika Elton John mengaku kepada Rolling Stone pada tahun 1976 bahwa dirinya seorang biseksual. Dengarkan “Lola” di bawah ini.

The Kinks – Lola (Official Audio)

 

Donna Summer – I Feel Love

Donna Summer

Donna Summer memperlihatkan visi yang futuristik dalam lagu berjudul “I Feel Love”. Kolaborasinya dengan Giorgio Moroder sebagai produser menghasilkan perpaduan musik elektronik dengan musik disko yang sebelumnya jarang terdengar sebagai satu kesatuan. Hasilnya? Lagu ini adalah lagu disco pertama yang menjadi hits dengan mengandalkan sound synth sepenuhnya. Brian Eno, musisi yang sering berkolaborasi bersama dengan David Bowie menyebut lagu ini sebagai sebuah bentuk suara dari masa depan. Sampai saat ini, lagu “I Feel Love” sering dianggap sebagai lagu dengan pengaruh paling besar terhadap musik elektronik atau biasa disebut sebagai electronic dance music (EDM) yang mendominasi lagu-lagu terbaru di tahun 2017. Dengarkan “I Feel Love” di bawah ini.

Donna Summer – I Feel Love

 

Elvis Presley – Can’t Help Falling in Love

Elvis Presley

Berapa kali kalian menemukan lagu ini dalam pesta resepsi pernikahan kerabat kalian? Sampai sekarang, lagu dari Elvis Presley berjudul “Can’t Help Falling in Love” adalah salah satu lagu paling romantis yang cukup sering dibawakan ulang, baik untuk untuk direkam dengan pembawaan baru atau hanya dengan gitar akustik. Lagu ini boleh dianggap sebagai standar tentang bagaimana lagu romantis sebaiknya ditulis, bahkan pernah mendapat julukan sebagai “Lagu yang menemani jutaan pesta pernikahan”. Beberapa musisi besar modern seperti Tyler Joseph (Twenty One Pilots) pernah membawakan ulang lagu ini dengan versi mereka sendiri. Dengarkan “Can’t Help Falling in Love” di bawah ini.

Elvis Presley – Can't Help Falling In Love (Audio)

 

The Beach Boys – Good Vibrations

The Beach Boys

Brian Wilson dari The Beach Boys bereksperimen dengan berbagai cara untuk merekam lagu, salah satunya dengan penggunaan Theremin, leluhur dari synthesizer untuk membuat lagu berjudul “Good Vibrations”. Menariknya, efek lagu ini jauh lebih besar daripada yang bisa dibayangkan oleh Brian Wilson sendiri. Cara merekam lagu “Good Vibrations” mengubah cara merekam lagu secara keseluruhan di masa selanjutnya. Bahkan The Beatles mengaku terinspirasi dari cara The Beach Boys merekam lagu ini, lagu ini juga menginspirasi proses produksi dari lagu-lagu electronic dance music di tahun-tahun mendatang. Dengarkan “Good Vibrations” di bawah ini.

The Beach Boys – Good Vibrations

 

Spice Girls – Wannabe

Spice Girls

Melalui lagu “Wannabe”, Spice Girls tak hanya sukses menciptakan sensasi di dunia musik pop, mereka juga dianggap sebagai salah satu bagian terpenting dalam sejarah Inggris, sebuah periode yang dianggap merepresentasikan perayaan youth culture di Inggris atau biasa disebut sebagai masa ‘Cool Britannia“. Bersama dengan legenda Britpop, Oasis dan Blur, Spice Girls baru saja mengembalikan aura London sebagai kota terkeren di masa itu. Tak hanya berhenti di masa itu, relevansi lagu “Wannabe” terus bergaung bertahun-tahun setelah lagu ini dirilis. Lagu ini diangkat sebagai mars bagi para wanita untuk memperjuangkan kesetaraan gender. Secara garis besar, lagu ini sudah berbicara tentang pemberdayaan dan kekuatan seorang wanita di masa dimana isu tersebut belum banyak diangkat. Dengarkan lagu “Wannabe” di bawah ini.

Spice Girls – Wannabe

 

Billie Holiday – Strange Fruit

Billie Holiday

Lagu berjudul “Strange Fuit” ini adalah sebuah lagu yang ditulis sebagai bentuk protes akan rasisme dan brutalitas yang masih sering terjadi di Amerika Selatan. Melalui lagu ini, Billie Holiday menjadi musisi kulit hitam pertama yang berani menyanyikan lirik dengan konten kontroversial seperti ini. Lagu “Strange Fruit” kemudian dianggap sebagai simbol dari perlawanan terhadap rasisme, rasa sakit, dan penderitaan yang dihadapi oleh banyak orang pada masa itu. Majalah Time, pada tahun 1999 menobatkan lagu ini sebagai lagu terbaik abad 20 karena pengaruh yang ditimbulkan dari lagu ini begitu kuat. Banyak versi yang sudah dirilis dari lagu ini, bahkan Kanye West memasukkan sampling dari lagu ini ke dalam album dia berjudul Yeezus. Dengarkan lagu “Strange Fuit” di bawah ini.

Billie Holiday – Strange Fruit

 

Adele – Rolling In The Deep

Adele

Tahun 2011 akan selalu diingat sebagai dominasi penuh dari Adele. Bagaimana tidak, Adele berhasil memuncaki berbagai tangga lagu, khususnya Billboard lebih dari 20 minggu. Membicarakan kesuksesan Adele memang menarik, namun lebih menarik lagi jika kita membicarakan tentang dampak yang dihasilkan dari kesuksesan Adele ini. Adele adalah fenomena langka, banyak kritikus musik yang gagal menjelaskan kesuksesan Adele dalam industri musik pop yang didominasi oleh produk media masa (seperti Taylor Swift contohnya). Adele adalah bukti dari bagaimana talenta murni pada akhirnya akan lebih diapresiasi. Menariknya lagi, Adele juga mengajarkan satu pelajaran penting untuk penyanyi pop lainnya bahwa terkadang simplicity terdengar lebih baik. Tak perlu banyak fabrikasi musik, hanya suaramu dan satu instrumen pengiring saja sudah cukup untuk mengkomunikasikan musikmu. Dengarkan lagu “Rolling In The Deep” di bawah ini.

Adele – Rolling in the Deep

 

Britney Spears – Baby One More Time

Britney Spears

Britney Spears hanyalah remaja berusia 16 tahun ketika lagu “Baby One More Time” ini dirilis dan hanya dalam hitungan bulan, lagu ini berhasil mengantarkan Britney Spears menuju puncak ketenaran. Lagu “Baby One More Time” adalah salah satu lagu paling laris secara komersial sampai saat ini dengan penjualan yang berada pada angka di atas 10 juta kopi. Lagu ini juga dirilis dengan sebuah video yang memberi pengaruh terhadap berbagai budaya popular sampai saat ini. Oh ya, fenomena Britney Spears ini juga secara tidak langsung mengawali fenomena teen pop star yang sempat merebak di Amerika Serikat dan seluruh dunia pada awal 2000an. Dengarkan lagu “Baby One More Time” di bawah ini.

Britney Spears – …Baby One More Time

 

Bob Dylan – Like a Rolling Stone

Bob Dylan

Majalah Rolling Stone memutuskan bahwa lagu ini adalah lagu terbaik yang pernah ditulis sepanjang masa. Ide yang terkandung dalam “Like a Rolling Stone” sangatlah brilian dan berada di luar pola yang berkembang di masa itu. Bob Dylan menghancurkan paradigma tentang sebuah lagu hits yang berkembang, dimana pada masa itu muncul pemikiran bahwa sebuah lagu hits sebaiknya memiliki durasi sekitar 3 menitan. Bob Dylan menghantam paradigma tersebut dengan sebuah lagu berdurasi 6 menit dan ketika lagu ini dirilis, runtuhlah sudah paradigma tentang 3 menit itu. Bob Dylan juga sedikit berbelok dari mazab musik pop yang lazim dilakukan ketika dirinya memutuskan untuk menyanyikan sebuah lagu cinta dengan cara yang pahit. Dengarkan “Like a Rolling Stone” di bawah ini.

Bob Dylan – Like a Rolling Stone

 

Lady Gaga – Just Dance

Lady Gaga

Ketika kita berbicara tentang bagaimana cara untuk mendobrak batasan tentang musik pop modern sekarang ini, tak ada yang bisa mendekati seorang Lady Gaga. Dengan campuran penampilan nyentrik dengan sound elektronik seperti yang ditampilkan di lagu “Just Dance”, Lady Gaga baru saja mengubah citra bubble-gum pop penyanyi populer wanita yang merebak di era akhir 90an dan awal 2000an, seperti Britney Spears, Hillary Duff, dan tentu saja Jessica Simpson, menjadi seorang penyanyi wanita yang independen, cantik, edgy, artistik, dan juga entertaining. Dengarkan lagu “Just Dance” di bawah ini.

Lady Gaga – Just Dance ft. Colby O'Donis

 

Blink-182 – All The Small Things

Blink-182

Blink-182 mendobrak batasan antara musik populer dan punk dengan sebuah lagu berjudul “All The Small Things”. Lagu ini tak hanya menandai bahwa Blink-182 sudah siap menjadi pujaan berjuta-juta fans, tetapi juga menunjukkan bahwa sudah saatnya bagi musik punk (dalam kasus Blink-182 adalah pop punk) untuk masuk dalam arus utama industri musik. “All The Small Things” mempunyai sensibilitas pop dan elemen punk yang sesuai, menjadikan lagu ini sebagai salah satu lagu hits cross over terbesar yang pernah ditulis dan menjadikan Blink-182 sebagai salah satu fenomena pop culture pada saat itu. Dengarkan lagu “All The Small Things” di bawah ini.

blink-182 – All The Small Things

 

Backstreet Boys – I Want It That Way

Backstreet Boys

Akhir abad 20 dan awal milenium baru adalah masa-masa dimana boyband seperti Westlife, N’Sync, dan tentu saja Backstreet Boys mulai merajai tangga lagu terbaru di berbagai negara. Salah satu lagu yang berjasa dalam menciptakan trend permintaan akan boyband pada masa itu adalah lagu berjudul “I Want It That Way”. Lagu ini adalah salah satu lagu yang paling sering dimainkan di radio-radio pada masa itu dan dianggap sebagai salah satu lagu pop terbaik yang pernah ditulis oleh Rolling Stone. Bahkan, saking ikoniknya lagu ini, Blink-182 pernah menyindir Backstreet Boys dalam video “All The Small Things”. Dengarkan lagu “I Want It That Way” di bawah ini.

Backstreet Boys – I Want It That Way

 

Duran Duran – Hungry Like The Wolf

Duran Duran

Duran Duran adalah salah satu nama pertama yang berhasil memanfaatkan MTV untuk mencapai puncak popularitas. Berada pada masa dimana video baru mulai populer, Duran-Duran mengemas musik mereka dengan lengkap, termasuk menggunakan video yang dipersiapkan dengan matang, hasilnya? Mereka pun dengan cepat terkenal karena paket lagu beserta video yang mereka rilis. Tak hanya itu, Duran Duran juga membantu musik new wave tahun 80an mencapai arus utama lewat lagu berjudul “Hungry Like The Wolf” yang dianggap sebagai lagu new wave terbaik yang pernah ditulis. Pengaruh Duran Duran tak hanya berhenti di musik saja, pendengar mereka yang tersebar di berbagai negara mulai mengikuti fashion yang dikenakan oleh personel Duran-Duran, menjadikan mereka baromter industri pada masa itu. Bisa dikatakan, Duran Duran-lah yang telah mendefinisikan apa itu new wave 80an kepada seluruh generasi. Dengarkan lagu “Hungry Like The Wolf” di bawah ini.

Duran Duran – Hungry Like The Wolf

 

Itu tadi adalah lagu-lagu pop yang menurut tim redaksi memiliki pengaruh sangat kuat terhadap perkembangan industri dan juga peradaban manusia. Adakah lagu yang terlewat? Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar kalian di bawah ini ya.

Share
Tweet
+1